menu

Membuat Link Pada Posting


Membuat Link di Posting & Window Baru
Dalam mengutip suatu pendapat dalam posting blog, biasanya kita akan memuat link website (situs) atau blog dari mana tulisan itu kita kutip. Pengutipan dg menyebutkan sumber link memiliki tiga fungsi utama:

(1) Sebagai tanda bahwa tulisan kita itu cukup “ilmiah”.

(2) Sebagai apresiasi kepada sumber yg dikutip.
(3) Sebagai salah satu cara untuk menambah traffic bagi blog kita sendiri, terutama apabila sumbernya adalah blogspot atau blog lain yg memakai sistem trackback (atau “link to this post” kalau di blogspot/blogger).

Sekedar diketahui bahwa alamat website kita akan muncul di blog yg kita kutip, apabila pemilik blog tsb menghidupkan menu “link to this post”. Dg demikian, setiap pembaca blog yg kita linkback akan melihat alamat blog Anda juga. Cara menghidupkan menu “link to this post” lihat di sini di poin (d) Backlinks –> Show.


(a) Bagaimana cara membuat link di posting blog?


(1) Tulis kata-kata, seperti “Di kutip dari tulisan coretan nuno”.

(2) Highlight (diitemin) kata-kata di atas.
(3) Klik ikon di yg ada di toolbar posting (di wordpress dalam mood “Code / Kode” ada menu “link”; di blogger.com atau wordpress dalam mood “Visual” ada ikon gambar rantai. Maka akan muncul kotak yg ada tulisan “http://”
 (4) Isi kotak tsb. dg alamat situs atau link yg diinginkan.
(5) Klik OK. Selesai.

(b) Setting Link dalam New Window (halaman baru)


Biasanya apabila kita memuat link sumber yg kita kutip, pembaca akan cenderung meng-klik link tsb. Supaya halaman kita tidak hilang, maka dalam kutipan link tsb. bisa kita tambah kode sederhana agar ketika link tsb diklik akan muncul halaman baru dan tidak menghilangkan halaman blog kita.


Caranya:


(1) Setelah dilink sesuai petunjuk di atas, klik menu “Edit HTML” untuk blogger.com atau menu “Kode / Code” untuk WordPress di toolbar posting.

(2) Akan muncul kode (ini sekedar contoh) < a href=”http://coretannuno.blogspot.com/” “> Dikutip dari coretan nuno
(3) Tambah kode target=”new” di awal atau di akhir kode <”…..”>.

Tidak ada komentar: